PELATIHAN KE-2 (Pengenalan Analisis Saham)

25 November 2016- UKM Best Community mengadakan pelatihan Pasar Modal yang Ke-2. Pelatihan tersebut dimulai pada pukul 19:00 WIB -21:00WIB , tempat pelatihan di GKU 104 dan pengisi pemateri Eldian Rehaldi dan Raehan Graha. Pelatihan ini mempelajari cara menganalisis di Pasar Modal. Di pelatihan pertama telah diberikan penjelasan mengenai pengenalasan saham, bagaimana kita membeli saham yang baik dan benar.

Pelatihan ke-2 lebih menekankan kepada bagaimana penggunaan platform D’one trade atau Danareksa Sekuritas Online. Pelatihan ke-2 ini lanjutan dari pelatihan ke-1, yang telah menghadirkan Bli Rah Suadnyana dan Giri P sebagai pembicaranya. Pengenalan analisis saham adalah aktivitas yang memuat sesuatu untuk digolongkan dan di kelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian di cari kaitannya dan di taksir maknanya. Di pelatihan ke-2 kali ini kita banyak mempelajari dan menambah wawasan kita bagaimana kita bisa menganalisis saham yang baik dan benar sebelum melakukan investasi.

“ Alasan saya mengikuti pelatihan ke-2 ini karena sebelumnya saya telah mengikuti dan saya ingin menambah wawsan dan ilmu saya tentang pasar modal pada pelatihan ke-2” Tutur Farhan salah satu peserta pelatihan ke-2.

Alasan kita harus melakukan analisis sebelum transaksi di pasar modal, karena membantu memilih alternatif investasi yang baik dan benar, menimalisasi resiko kerugian didalam suatu alternatif investasi, mengetahui dan menargetkan keuntungan dan jangka waktu investasi yang di inginkan oleh investor, maka dari itu di pelatihan ke-2 ini lebih fokus dan menekankan bagaimana kita menganalis saham tersebut, analisis pasar modalpun tidak cukup hanya menganalis satu tujuan tetapi banyak yang harus dilakukan dalam menganalisis seperti: Analisi Berita, Analisis Ekonomi, Analisis Tekhnikal dan Anlisis Fundamental. Kebanyakan orang terlalu menyepelekan dalam menganalisis pasar modal sebelum mereka berinvestasi, tidak banyak dari mereka mengalami kerugian. Ketika kita belum mempunyai akun bukan berarti kita telat dalam berinvestasi, tetapi kita berkesempatan mengumpulkan ilmu dan informasi sebanyak-banyaknya.

Berinvestasi bukan sesuatu yang gamblang, dalam membeli saham itu merupakan sebuah proses yang harus kita pelajari. Karena ilmu pasar modal bukan ilmu teori yang bisa kita dapatkan di kuliah. Salah satu pembicara yaitu Eldian R menuturkan penjelasannya.

”Pesan saya, sebelum berinvestasi teman-teman harus rajin melafalkan analisis jangan malas melakukan analisi karena hasil analis teman-teman menentukan hasil keuntungan atas investasi yang teman-teman lakukan”.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *