STUDI BANDING 2017

24 Februari 2017 – UKM BEST Community mengadakan kegiatan Studi Banding dengan KSPM Universitas Diponegoro.

Studi Banding adalah kegiatan yang dilakukan oleh kelompok kepentingan (dalam hal ini adalah UKM BEST Community) untuk mengunjungi atau menemui obyek tertentu (dalam hal ini adalah KSPM Universitas Diponegoro) yang sudah disiapkan. Tujuan dari Studi Banding yang dilakukan oleh UKM BEST Community adalah untuk menambah wawasan dan saling berbagi informasi tentang UKM masing – masing.

1488591425466

Kegiatan ini diikuti sekitar 48 orang dan dilaksanakan dalam berbagai rangkaian kegiatan. Peserta Studi Banding mulai berkumpul di Kampus STIE YKPN Yogyakarta jam 07.00 WIB dan berangkat menuju Semarang jam 07.30WIB . Tepat jam 09.30 rombongan telah tiba di Semarang, sebelum melakukan kunjungan ke PT Sidomuncul pada pukul 13.00 WIB, maka peserta mengunjungi Cimori terlebih dahulu. Di Cimori peserta dibebaskan untuk melakukan kegiatan apapun, banyak dari peserta yang menghabiskan waktu dengan melihat sapi dan berfoto ria. Akan tetapi ada juga yang bersantai-santai dengan menaiki ayunan dan jungkat – jungkit. Sekitar jam 11.15 WIB peserta melanjutkan perjalanan menuju PT Sidomuncul dan melaksanakan Ibadah Shalat Jum’at.

1488591414834

Jam 13.00 peserta sudah tiba di PT Sidomuncul dan disambut dengan baik oleh pihak humas PT Sidomuncul. Peserta kemudian diajak berkeliling PT Sidomuncul dan dijelaskan mengenai kegiatan yang dilakukan oleh PT Sidomuncul. Di salah satu pabrik PT Sidomuncul, peserta diajak untuk melihat bagaimana proses pengemasan produk Sidomuncul ini. Proses pengemasan terdiri dari primer dan sekunder. Proses pengemasan primer dimulai dari memasukkan produk yang sudah jadi ke dalam kemasan berupa sachet dan dilakukan oleh mesin untuk mengurangi campur tangan manusia dan menjaga kebersihan dari produk yang di hasilkan. Proses pengemasan sekunder dilakukan melalui tahap memasukkan produk yang sudah berbentuk sachet kedalam kemasan lebih besar berbentuk plastik atau kardus dan dikemas menggunakan tangan manusia dan ada yang menggunakan mesin. Selain proses pengemasan peserta diajak untuk mengelilingi ruang Quality Control yang digunakan untuk menguji produk yang dihasilkan apakah layak untuk di edarkan ke masyarakat atau tidak. Selain itu peserta kemudian di ajak ke tempat pengolahan limbah menjadi pupuk. Limbah yang dihasilkan PT Sidomuncul yang berlebih di manfaatkan untuk menjadi pupuk sehingga dapat mengurangi limbah yang dihasilkan, lalu peserta diajak untuk mengelilingi agrowisata yang terdapat di PT Sidomuncul ini. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari kunjungan ke PT Sidomuncul seperti kebersihan dalam menghasilkan produk sangat dijaga, serta pengelolaan limbah yang dimanfaatkan menjadi pupuk sehingga tidak mencemari lingkungan.

“PT Sidomuncul sangat berkesan dan diluar ekspektasi saya, eskpektasi saya kami berkunjung ke pabrik PT Sidomuncul lalu diikuti dan sudah begitu saja. Tetapi pabrik Sidomuncul ini memberikan sesuatu yang berbeda, tidak hanya sekedar mencari profit tetapi sampai distribusi bahkan sampai pengelolaan limbah” jelas Eldian Rinaldi sebagai salah satu peserta Studi Banding.

1488591421184

Rombongan lalu melanjutkan perjalan menuju Universitas Diponegoro. Pukul 16.30 WIB , peserta sudah tiba di Universitas Diponegoro Semarang untuk melakukan kegiatan utama dari perjalanan ini yaitu studi banding. Setelah sampai disana, para peserta dari STIE YKPN disambut dengan ramah oleh peserta KSPM Universitas Diponegoro. Setelah acara penyambutan yang dilakukan oleh para peserta dari KSPM Universitas Diponegoro, masing-masing Ketua dari BEST Community (Erdo Dwi Putra) dan KSPM UNDIP (Wahyu Putra) memberikan sambutan singkat yang dilanjutkan dengan presentasi. Presentasi pertama dari pihak BEST Community disampaikan oleh saudara Erdo Dwi Putra. Presentasi tersebut berisikan tentang penjelasan internal BEST Community meliputi, sejarah BEST, struktur kepengurusan dan program-program kerja yang dimiliki. Sesi tanya jawab tak luput menjadi bagian penting dalam acara ini.

Setelah presentasi dari pihak KSPM STIE YKPN, dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh pihak KSPM UNDIP yang diwakili oleh ketua KSPM UNDIP, Wahyu Putra. Presentasi yang berisi tentang pelaksanaan program kerja, struktur kepengurusan dan kenaggotaan, memberikan ilmu baru yang bisa diteladani oleh masing-masing anggota dari BEST Community..

1488591418410

Setelah acara studi banding selesai, masing-masing perwakilan dari BEST dan KSPM saling memberikan cinderamata dan dilanjutkan dengan foto bersama. Sekitar pukul 18.00 WIB para peserta melakukan perjalanan pulang kembali ke STIE YKPN. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam, pada pukul 21.30, rombongan BEST Community tiba di STIE YKPN.

Kegiatan yang diketuai oleh Lisfiana F, berjalan lancar dari awal hinggal perjalanan pulang, tak luput karena kerja sama tim panitia yang solid dan saling gotong royong. Kegiatan Studi Banding kali ini diharapkan mampu memberi manfaat dan ilmu baru untuk masing-masing individu yang mengikuti.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *