ARTIKEL SEKOLAH PASAR MODAL 2018

Sekolah Pasar Modal 2018

Pada tanggal 14 Desember 2018, Best Community kembali melaksanakan Sekolah Pasar Modal (SPM) yang merupakan salah satu program kerja dari departmen PSDM. Sekolah Pasar Modal kali ini bertemakan START LEARNING AND BE A GREAT INVESTOR. Tujuan diadakannya Sekolah Pasar Modal ini yaitu mengedukasi masyarakat tentang pasar modal. Peserta SPM tahun ini meningkat dari tahun lalu yang jumlahnya sekitar 238 dan tahun ini bisa mencapai 245 peserta. Sekolah pasar modal tahun 2018 diketuai oleh Novi Wijayanti. Ia merasa senang dan bangga bisa menjadi ketua SPM tahun 2018 karena suatu pelajaran berharga untuk bisa menjalankan amanah dari kepala dapartemen PSDM dan teman-teman dari Best Community untuk mengetuai acara SPM tahun ini. Ia juga mengatakan bahwa selama menjadi ketua acara tidak menemukan banyak kesulitan karena dalam sebuah tim ada yang namanya komunikasi. Jadi, komunikasi harus tetap dijaga agar acara dapat berjalan dengan lancar. Ia berharap untuk SPM tahun depan bisa diperbanyak lagi materi-materinya dan lebih kompak lagi antar panitia.

Hal yang sama turut dirasakan oleh salah satu panitia dan merupakan pengalaman pertamanya menjadi panitia di proker Best Community. “Saya senang bisa menjadi panitia pada kegiatan SPM ini, disini kita diajarkan menjadi kompak, saling membantu satu sama lain, jangan ada miscommunication antar panitia agar acara dapat berlangsung dengan lancar,” tuturnya.

Pada sesi sambutan, ketua umum Best Community, Farhan Hilmi Mubarok, memberikan kata sambutan bahwa UKM Best Community mempunyai tanggung jawab untuk memberikan edukasi mengenai pasar modal kepada mahasiswa. Selain itu proker SPM ini menjadi proker pertama yang kepanitiannya diikuti oleh mahasiswa baru. Ia berharap para mahasiswa baru tidak kapok dan tetap melanjutkan eksistensi di Best Community.

Acara Sekolah Pasar Modal ini juga mendapat sambutan baik dari Wakil Ketua III STIE YKPN, yakni Bapak Dr. Soegiharto, M.Acc, Ak.CA, CIBA, CMA. “Terima kasih kepada Best Community yang selalu mengadakan proker-proker baik dan bagus setiap tahunnya, sehingga STIE YKPN mempunyai UKM yang dapat menarik gairah mahasiswa untuk berorganisasi,” tuturnya. Beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa baru STIE YKPN diwajibkan untuk membuka account agar para mahasiswa bisa belajar dan mengenal tentang pasar modal. Mahasiswa baru angkatan 2018 telah difasilitasi dari kampus sebesar Rp100.000 dan sangat disayangkan jika tidak membuka account. Meskipun pandangan dari orangtua mahasiswa berbeda-beda mengenai investasi saham, tetapi pihak STIE YKPN bertujuan baik agar kelak mahasiswa bisa berinvestasi dan mempunyai penghasilan sendiri serta sukses dimasa mendatang.

Menurut Muhammad Aldi Deanisa selaku co-founder Investor Kampus yang menjadi salah satu pembicara pada kegiatan SPM 2018 mengatakan, bahwa ini merupakan kesempatan bagi Investor Kampus untuk mengedukasi khususnya masyarakat Indonesia agar mengenal lebih jauh tentang dunia pasar modal. Seperti yang kita ketahui, tingkat pengatahuan masyarakat Indonesia tentang pasar modal masih sangat minim, maka dari itu Investor Kampus melalui kegiatan SPM ini berharap dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya berinvestasi sejak dini khususnya di pasar modal Indonesia. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa menabung saham itu sangat penting dan jauh lebih baik ketimbang kita menabung di bank. Jika kita ingin meningkatkan aset kita, salah satu cara yang baik yaitu dengan cara menabung saham atau berinvestasi, seperti program yang dipelopori oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla “Ayo Nabung Saham”. Adapun tips untuk menjadi investor sukses, yaitu jangan pernah capek untuk belajar karena semua itu butuh proses. Jatuh bangun itu adalah hal biasa. Nikmati semua prosesnya karena tidak ada investor atau trader yang terlahir instan. Kemudian sering berdiskusi dengan sesama investor atau trader dan cari mentor yang mengerti tentang pasar modal. Ia berpesan bahwasanya jangan pernah takut untuk berinvestasi, ketahui dulu apa yang ingin dilakukan dan pelajari serta carilah mentor yang baik maka hal tersebut akan membuatmu menjadi investor yang handal.

Seperti yang di sampaikan oleh Bapak Irfan Noor Riza dari Bursa Efek Indonesia bahwa seorang investor adalah orang yang selalu berpikir positif apapun yang terjadi, mau diterpa isu yang buruk, investor harus tetap berpikir positif.

Kegiatan SPM ini ternyata mendapat respon yang positif dari peserta. Salah satunya datang dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan SPM ini sangat menarik karena dapat memberikan edukasi dan pandangan baru sehingga membuat ia melek dan sadar bahwa menabung saham itu penting dan ia sangat tertarik untuk menabung saham sehingga pada saat sesi ISHOMA ia langsung mengunjungi booth Mirae Asset untuk membuat account. Menurutnya, kegiatan seperti ini harus sering-sering diadakan karena dapat mengedukasi kita terutama sebagai mahasiswa untuk paham tentang pasar modal. Ia sendiri punya pengalaman yang kurang mengenakan, ia pernah menabung di bank dan berharap uangnya dapat meningkat, akan tetapi uang tersebut bukannya bertambah melainkan mendapat banyak potongan dari bank. Sehingga ia sadar bahwa halnya menabung saham jauh lebih baik dibandingkan dengan menabung di bank.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *